Stiker mempunyai banyak fungsi, selain untuk kebutuhan usaha dan komunitas, stiker bisa berguna untuk kebutuhan pribadi. Mulai dari menandakan benda itu milikmu atau mendeskripsikan fungsi benda tersebut. Selain itu, Stiker juga bisa menjadi aksesoris atau memiliki nilai estetika tersendiri di benda-benda koleksi pribadi dengan menunjukan karaktermu.

Untuk kebutuhan kantoran sendiri, stiker bisa berfungsi untuk melabelkan benda atau menambahkan nilai elegan atau citra yang perusahaan miliki. Selain itu, cetak stiker dalam jumlah besar bisa menjadi ajang promosi dari perusahaan karena ketika mendapatkan stiker bisa saja di tempel di kendaraan.

Nah, ternyata stiker yang sering kita beli itu mempunyai jenis yang beragam loh. Setiap tujuan penggunaan memiliki spesifikasinya masing-masing, misalnya untuk outdoor, indoor, untuk tahan pada suhu tertentu, dan masih banyak lagi. Harganya pun beragam jadi kita harus bisa menentukan kegunaan stiker yang ingin dicetak.

Oleh karena itu, lebih baik kita pahami jenis-jenis stiker yang berada di pasaran. Jangan sampai salah cetak stiker murah, namun kualitasnya tidak seperti yang diekspektasikan. Jika sudah begitu, kita juga yang rugi kan?

Berikut 4 jenis stiker yang sering digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita.

.

Stiker Vinyl. Dok. OKE Print

Stiker Vinyl

Stiker jenis ini mempunyai daya tahan yang sangat baik di cuaca ekstrim di luar ruangan. Meski diperuntukan di luar ruangan, stiker ini juga bisa digunakan di dalam kantor atau ruangan, loh. Dengan kata lain, bila mencetak stiker di atas bahan kertas vinyl akan sangat awet.

Bahan stiker ini juga dibagi menjadi beberapa tipe, ada Vinyl Putih yang sudah memiliki warna dasar putih, ada Vinyl Transparan yang latar belakang warnanya mengikuti tempat stiker ditempelkan, dan ada Vinyl metalik yang sangat elegan untuk menarik perhatian. Vinyl Metalik sendiri terbagi menjadi warna dasar silver dan gold dengan tipe glossy (mengkilat) atau matte (tidak mengkilat). Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan branding yang diinginkan.

Bahan jenis ini cocok digunakan bagi yang membutuhkan daya tahan karena bisa dimasukkan dalam kulkas untuk minuman, tahan panas juga untuk makanan. Harga yang lebih mahal dari bahan lainnya sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

.

Stiker HVS. https://www.google.com/

Stiker HVS

Stiker jenis ini seperti kertas HVS pada umumnya tetapi memiliki perekat dibelakang. Namun, stiker jenis ini mempunyai daya rekat yang biasa dan mudah bermasalah ketika kena air meski sekali dan setetes. Biasanya stiker jenis ini digunakan untuk undangan agar dapat ditulis dengan pulpen atau spidol, ataupun penamaan barang-barang anak untuk sekolah agar tidak mudah hilang.

.

Stiker Cromo. Dok. OKE Print

Stiker Chromo

Stiker chromo adalah bahan yang cukup populer dan sering digunakan karena harga yang lebih murah ketimbang vinyl. Bahan dasar dari stiker cromo sendiri sebenarnya adalah kertas tetapi telah melalui proses coating sehingga permukaannya terlihat mengkilap/glossy.

Cetak stiker murah dengan media ini lebih sering untuk kebutuhan promo, pemilu, label kemasan, atau kegiatan yang membutuhkan stiker yang sangat banyak.

Fisik kertas stiker yang licin dengan tampilan glossy membuatnya cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Meski hasil cetak stiker ini mudah luntur terkena gesekan dan hujan, Chromo mempunyai daya rekat yang sangat kuat sehingga bisa menjadi alternatif untuk stiker di dalam ruangan atau produk yang tidak terkena cuaca ekstrim.

.

Stiker Magnet. https://www.google.com/

Stiker Magnet

Stiker unik ini mengandung magnet. Anda dapat menggunakan kertas stiker magnet untuk dijadikan souvenir. Terutama bagi bisnis kuliner ataupun jasa, stiker magnet ini sangat bermanfaat karena customer bisa menempelkannya di pintu kulkas mereka. Jadi, mudah bagi mereka untuk selalu diingatkan tentang keberadaan bisnis Anda. Khusus untuk bahan ini, tidak banyak loh percetakan yang bisa mencetak dan menyediakan stiker magnet ini. Tetapi tenang, OKE Print menyediakan bahan dan mampu mencetak stiker magnet untuk memenuhi kebutuhanmu.

Kira-kira itulah 4 jenis stiker yang umum digunakan sebagai bahan di percetakan-percetakan. Namun jangan lupa, sebagus apapun bahannya, jika tidak dicetak dengan mesin dengan kualitas yang baik, hasilnya akan tetap kurang memuaskan.

Kamu tidak perlu bingung untuk memilih percetakan karena OKE Print menawarkan cetakan dengan kualitas bahan dan mesin terbaik. Selain dicetak dalam format warna umum seperti CMYK (cyan, magenta, yellow, key). Kamu juga bisa memilih warna-warna unik yang berbeda seperti white, gold, dan silver yang membuat hasil cetak semakin beda dan elegan.

Kamu bisa langsung datang ke OKE Print yang telah memiliki mesin Iridesse, salah satu mesin terbaru dari Fuji Xerox yang dapat memfasilitasi kebutuhan warna-warna khusus yang keren dan menarik.

Jadi tunggu apa lagi? Segera datang ke cabang atau kunjungi www.okeprint.id untuk cek produknya.

(AJ)

Mari Berbagi !

Leave a Reply

Your email address will not be published.