Proses mencetak pada dasarnya adalah proses menempelkan bahan cetak (tinta, serbuk, dsb.) pada media cetak (kertas, stiker, dll.). Yang umumnya dipakai adalah mencetak tinta pada kertas. Namun, selain mencetak biasa, kamu bisa juga menambahkan proses finishing tambahan pada hasil cetak agar terlihat lebih indah dan eksklusif.

Faktor yang membuat tampilan cetak menjadi lebih rapih adalah proses finishing. Finishing adalah proses penyelesaian akhir dalam percetakan agar hasil cetak jadi lebih awet dan tampilannya menarik.

Lalu, apa saja ragam finishing yang perlu kamu tahu? Dengan mengetahui jenis finishing dalam percetakan kamu juga bisa mengetahui karakteristik masing-masing jenis finishing serta hasil akhir dari produk percetakan seperti apa yang kamu butuhkan atau tidak.

Apa saja macam-macam jenis finishing cetak tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Laminasi Glossy & Doff/Matte. (Google.com)

Laminasi Doff atau Glossy

Laminasi pada dasarnya adalah proses pelapisan bahan kertas dengan plastik tipis. Selain terlihat lebih bagus, kertas juga jadi lebih awet dan tidak mudah luntur.

Finishing laminasi dibagi lagi jadi dua kategori, doff/matte dan glossy. Lapisan doff/matte  memiliki tampilan yang lembut, tidak terlalu mengilat, dan tampak natural. Sementara itu, laminasi glossy membuat kertas tampak mengilat, licin, dan memantulkan sinar. Finishing jenis glossy ini umum dijumpai pada kartu nama, brosur, company profile, dll.

.

UV Spot. (Google.com)

UV Varnish dan UV Spot

UV Varnish adalah teknik finishing percetakan yang sama seperti laminasi, yaitu memberi lapisan pelindung pada kertas. Hanya saja perbedaannya UV Varnish memiliki proses akhir yang diselesaikan dengan UV ray atau sinar matahari, memberi kecerahan yang tinggi dan opsi bahan yang cukup banyak.

Sedangkan UV Spot adalah teknik finishing percetakan lain setelah UV Varnish, proses UV Spot memberi sinar dan kecerahan pada beberapa tempat area desain seperti tulisan atau logo pada media cetak.

.

Emboss dan Deboss. (Google.com)

Emboss and Deboss

Emboss dan Deboss adalah jenis finishing percetakan yang memiliki tujuan untuk membuat desain 3D seperti logo atau desain ke media kertas. Emboss memberi desain 3D yang timbul ke atas, sementara deboss memberi desain yang masuk ke dalam media.

.

Potong Pound. (Google.com)

Pond

Pond merupakan teknik memotong kertas sesuai bentuk yang diinginkan, tergantung desain yang dicetak. Proses pemotongannya dilakukan dengan mesin khusus yang menggunakan pisau pond yang bisa diatur agar mengikuti bentuk desain. Finishing Pond biasa digunakan untuk stiker, undangan, kartu ucapan, atau booklet dengan bentuk yang unik atau custom.

.

Perforasi. (Google.com)

Perforasi

Perforasi adalah teknik finishing dengan meggunakan mesin untuk melubangi kertas secara berderet. Contohnya lubang kecil di karcis atau tiket, lubang-lubang itu dibuat agar tiket mudah disobek.

.

Numerator. (Google.com)

Numerator

Jika kamu sering melihat nota dengan urutan nomer tertentu, finishing numerator-lah yang membuat nota, bon, atau kwitansi tersebut bisa memiliki nomer yang berurutan.

.

Jilid Buku. (Google.com)

Jilid Buku

Ketika kita akan membuat sebuah buku, banyak jilid yang ditawarkan. Hal ini bisa kita bahas dalam sebuah artikel tersendiri. Tetapi secara umum, jilid buku dibagi menjadi beberapa jenis seperti jilid lakban, jilid spiral, hardcover, softcover, dan steples tengah.

Nah, banyak sekali ya pilihan jenis finishing kertas yang bisa digunakan untuk mempercantik produk yang ingin kita hasilkan bersama. Akan tetapi tenang dan tidak perlu bingung. Semua finishing tersebut dapat kamu temukan di OKE Print. Kamu bisa berbicara dengan customer service kami untuk berkonsultasi dan nantinya akan diberikan rekomendasi terbaik yang cocok untuk produk yang akan kamu buat.

Jadi tunggu apa lagi? Segera datang ke cabang atau kunjungi www.okeprint.id untuk cek produknya.

(AJ)

Mari Berbagi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *